Selasa, 26 Juli 2016

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOYOTA ALL NEW INNOVA 2016

Spesifikasi dan Harga All New Kijang Innova
Sebagai generasi terbaru, pemberian nama Innova sejak 2004 membuat mobil ini seolah tidak lagi menyandang predikat  Kijang, yang cukup familiar dengan harga terjangkau oleh masyarakat. Predikat  Kijang lebih cocok disandang oleh Avanza yang harganya terjangkau.
Toyota All New Innova merupakan generasi terbaru dari Toyota Kijang yang dirilis pada Desember 2015 dengan memperkenalkan 3 (tiga) trim yakni  tipe G sebagai trim terendah, tipe V sebagai trim menengah dan tipe Q sebagai trim yang tertinggi.
Peredaran Innova di Indonesia sudah sangat pesat dan laris, menduduki kelas  menengah, yakni  di antara Avanza dan Fortuner. Bahkan Innova merupakan andalan untuk menjadi pesaing berat bagi Honda Freed, Mazda Biante, Nissan Serena, dan Kia All New Carens. Sebagai versi terbaru, Toyota All New Innova hadir dengan sasis ladder frame merupakan hasil adopsi dari Toyota Hilux, dipadukan dengan dimensi yang lebih besar dari Innova gen1. Alhasil berdampak positif pada ruangan kabin. Ketangguhannya pun sangat teruji pada pendahulunya yang sangat cocok di berbagai medan kecuali offroad, hal ini karena ground clearance (jarak body mobil ke tanah) yang tinggi.

Eksterior Toyota Innova 2016 Bensin & Diesel
Versi terbaru Innova ini memiliki perubahan yang sangat signifikan terhadap styling eksterior sehingga memberikan tampilan yang lebih modern. Stylingnya sendiri seakan terinspirasi oleh saudaranya Toyota Fortuner 2016 dengan ground clearance (jarak body ke tanah) tinggi. Bagian depan didesain sehingga mampu memberikan penampilan yang lebih agresif dengan penambahan grill depan yang berukuran besar, juga disisipkan sebuah badge Toyota di bagian tengahnya. Seluruh komponen bagian luar meliputi bumper, lampu depan dan belakang ditampilkan desain yang baru sehingga tampak lebih modern dan "kekinian".

Eksterior Toyota Innova 2016
Toyota All New Innova ini pada lampu depan didesain bentuk trapesium sipit dengan bonnet yang panjang, sehingga sangat berbeda dengan Innova sebelumnya. Pada varian G dan V, headlamp menggunakan multireflektor terpisah antara lampu utama, high beam, dan lampu senja. Tipe Q sebagai tipe tertinggi telah mengadopsi headlamp LED proyektor dan DRL. Sedangkan lampu sign dipasang di bumper untuk ketiga trim, seperti halnya pada Kijang Super.

Eksterior Belakang Toyota Innova 2016
Beralih ke bagian belakang. Sesuatu hal yang kurang disukai karena pilar D berbentuk runcing dan meninggalkan ruang kosong yang cukup besar di bawahnya. Selain itu, desain kurang kreatif terlihat dari penggunaan stoplamp yang hampir menyerupai Honda HRV. Berdasarkan brosur, Innova teranyar ini memiliki dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1795 mm, dan wheelbase 2.750 mm.

Interior Toyota Innova 2016 Bensin & Diesel
Di bagian dalam, MPV kelas menengah dari Toyota ini mengedapankan dashboard dengan kelengkapan fitur yang sangat memadai. Dashboard pada varian menengah menggunakan skema two-tone dengan sisipan aksen perak, untuk tipe Q berupa aksen wood panel minus two-tone, sedangkan tipe terendah hanya mengandalkan skema hitam sehingga kabin tampak gelap. Untuk membuat suasana lebih menarik dan mewah, setiap tipe Innova telah dilengkapi dengan ambient light berwarna biru.
Interior Toyota Innova 2016 Ambient light

Untuk fitur lainnya berupa sistem infotainment telah diupgrade total, dimana telah mengadopsi CD player android 7 inch (tipe G dan V) serta 8 inch (tipe Q) dengan dukungan layar sentuh plus beragam koneksi seperti Bluetooth, i-Pod, HDMI, radio dan Miracast wireless yang berguna untuk menampilkan layar smartphone di LCD. Satu fitur unggulan yang tidak ada pada gen sebelumnya adalah meja di belakang kursi baris pertama yang dapat menahan beban hingga 10 kg.
Interior Kabin Toyota Innova 2016

Tak lupa pula, roda kemudi/setir juga tak luput dari upgrade, kontrol terintegrasi plus perintah suara disediakan untuk semua varian. Sayangnya kualitas material yang digunakan terlihat biasa saja. Khusus untuk tipe Q mendapatkan fitur tambahan seperti layar TFT untuk MID, smart entry dengan push button start dan sistem pendingan dual climate control.
Setir Toyota Innova 2016 Interior

Poin tambahan yang menjadikan Innova sebagai primadona adalah visibilitas dari sisi pengemudi yang sangat baik. Blindspot nyaris tidak ada. Meskipun bonnetnya panjang, namun pengemudi dapat memprediksi setiap gerakan yang ada di depan. Sepasang spion yang luas memungkinkan driver untuk memantau profil setiap sisinya dengan leluasa. Selebihnya, legroom dan headroom pengemudi bukanlah menjadi masalah sekalipun memiliki postur badan di atas rata-rata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar